Jumat, 27 Juli 2007

Indikator-indikator Website Pemerintah yang memuat Good Governance

Perkembangan teknologi informasi saat ini berjalan dengan pesat. Ini ditandai dengan banyaknya warnet-warnet bermunculan dan ISP-ISP yang menawarkan produknya dengan harga yang sudah mulai terjangkau.

Dampak dari perkembangan teknologi informasi berdampak pada berbagai aspek termasuk dalam bidang pemerintahan. Saat ini banyak pemerintah-pemerintah daerah berlomba-lomba dalam mempromsikan daerahnya dengan membuat website.

Namun situs yang ada hanya menampilkan informasi-informasi yang standar saja semisal informasi mengenai profil daerah, kepala daerah, dan informasi-informasi umumnya. Bila saat ini pemerintahan di Indonesia sedang berlomba-lomba untuk menerapkan Good Governance dalam tata pemerintahannya sudah semestinya desain web juag dibuat menurut Good Governance.

Dalam hal ini tidak semua nilai-nilai Good Governance harus diterapkan di dalam website. Transparansi, Akuntabilitas dan Partisipasi merupakan inti dari nilai-nilai Good Governance. Maka sudah sepatutnya website-website Pemerintah Daerah turut menerapkan tiga nilai tersebut agar pencapaian masyarakat yang madani dapat terwujud... Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat yang mau komentar isi aja jangan malu-malu