Kamis, 23 Juli 2009

Public Enemies: Tak Sekedar Merampok Bank

Public Enemies merupakan film yang diadaptasi dari buku yang berjudul Public Enemies: America's Greatest Crime Wave and the Birth of the FBI, 1933–34' karya Bryan Burrough. Film ini diangkat dari kisah nyata perampok bank legendaris, John Dillinger (Johnny Depp) yang berhadapan dengan agen Melvis Pervis (Christian Bale). Untuk review lengkapnya lihat wikipedia aja.

Selain aksi tembak-tembakan dan percintaan, nilai yang dapat diambil dari film ini adalah kesetiakawanan. John Dillinger hanya merampok uang dari bank saja dan tidak mengambil uang langsung dari nasabah selain itu setiap kali ia membawa sandera sebagai tameng hidup untuk meloloskan diri dari kejaran polisi, ia selalu memperlakukan sanderanya dengan hormat alias tidak dibunuh tetapi dilepaskan kembali jika keadaan sudah aman.

Tidak hanya itu saja, ia hampir jarang membunuh karena tujuannya adalah merampok bank dan bukan sebagai pembunuh. Kegagalan dari tiap-tiap operasinya lebih banyak dilakukan oleh teman-temannya sendiri. Matinya Walter Dietrich ketika meloloskan diri dari penjara Indiana disebabkan oleh Ed Shouse yang memukuli sipir penjara dan ketika merampok bank di Sioux Falls -yang merupakan aksi ia yang terakhir- di cederai dengan kebodohan Baby Face Nelson yang membunuh seorang polisi.

John Dillinger seorang yang sangat setiakawan terhadap teman-temannya. Ia tidak akan meninggalkan temannya walau dalam keadaan sekarat. Ini terlihat ketika mentornya Walter Dietrich yang tertembak ketika akan melarikan diri dari penjara Indiana, namun akhirnya iapun merelakan kepergian Walter. Selain itu ketika John "Red" Hamilton yang tertembak saat tempat persembunyiannya Little Bohemian di kepung oleh sejumlah agen ia tidak lantas meninggalkannya walaupun akhirnya ia sudah berusaha membujuk Red untuk mengobati lukanya namun Red tetap ingin John melanjutkan hidup.

"Aku tahu kau, kau tidak akan meninggalkan teman-teman mu" kalimat yang menurut gw dalem banget karena walaupun berprofesi sebagai perampok namun kesetiakawanan tetap ditaruh di tempat tertinggi.

Kehebatan John Dillinger tidak hanya sebagai perampok, namun ia juga berani memasuki markas para agen yang memburunya bahkan sempat menyapanya. Kalau yang ini jadi teringat cerita dari seorang intel polisi ketika Dr. Azhari yang diduga sebagai otak pemboman di depan kedubes Australia beberapa tahun lalu. Jadi ceritanya, paska pemboman di depan Kedubes Australia itu Dr Azhari pergi menggunakan motor dan pada saat itu ada pol*n*as (takut di anggap pencemaran nama baik) yang menyetop motor yg ditumpangi oleh Dr. Azhari. Dasar mental aparat, Dr Azhari pun lantas lolos setelah terkena pasal 204 alias ngasih uang 20 rebu-an ke aparat tersebut.

Kembali ke tangtop (tukul mode on). Di akhir film, John di ajak ke bioskop oleh Anna Sage teman satu-satunya yang masih mau menerima dia. Tapi sayangnya, Anna Sage ini juga sudah di ancam akan di deportasi ke Rumania oleh agen Pervis. Oleh sebab itu iapun akhirnya mau bekerjasama dengan para agen untuk menangkap John dengan jaminan tidak akan di deportasi.

Akhirnya, John tewas ditembak oleh para agen yg sudah mengepungnya sebelumnya ketika ia keluar dari bioskop.

Overol, ending dari cerita ini tidak sesuai dengan yg diharapkan. Maunya siy John nya jangan tewas dan berhasil kabur ke Kuba sesuai keinginan ia dan pacarnya yah walaupun harus tewas juga tewasnya ketika membawa kabur pacarnya yang ditahan para agen.

Yang membuat film ini bagus untuk ditonton adalah kita bukan senang karena Agen Pervis berhasil membunuh John tapi karena kharisma John sebagai perampok. Apa mungkin Johnny Depp yang meranin yah? entahlah. Tapi yang jelas film ini layak buat di tonton walaupun di akhir title dibuat gantung karena disebutkan kalau Agen Melvis Pervis keluar dari FBI dan bunuh diri ditahun 1960.

Kira-kira mungkin gak kalo petualangan Noordin M Top dan Dokter Azhari di jadikan sebuah film. Kalau mungkin gw usul judul filmnya "NUR".

Senin, 08 Juni 2009

Inilah Hasil Survei Yang Diperdebatkan Itu

Beberapa pekan ini situasi politik dihiasi oleh berbagai wacana. Mulai dari konsep ekonomi neo liberal versus ekonomi kerakyatan hingga yang terakhir adalah masalah Release hasil Survei yang di lakukan oleh sejumlah lembaga riset.

Hasil survei yang mendapat reaksi keras dari beberapa kalangan adalah hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Dalam hasil surveinya, LSI menempatkan pasangan SBY- Budiono pada urutan pertama dengan kemenangan mutlak di atas 70 persen pasangan Mega - Pro 16,4 persen dan pasangan JK-Win 6 persen.

Tak aneh bila hasil ini banyak di kecam oleh sejumlah pihak ditambah lagi dengan pengakuan LSI yang mengumumkan sumber pendanaan didapatkan dari Fox Indonesia yang notabene merupakan tim sukses dari SBY-Budiono.

Beberapa hari kemudian muncul lagi rilis survei dari Lembaga Riset Informasi (LRI). Dalam rilisnya LRI menempatkan pasangan SBY-Budiono pada peringkat pertama dengan perolehan 33,02 persen, pasangan JK-Win di peringkat kedua dengan perolehan 29,29 persen dan pasangan Mega-Pro di peringkat ketiga dengan perolehan 20,09 persen.

Hasil survei inipun lantas tidak serta merta diamini oleh sejumlah kalangan walaupun tidak sedikit pula yang mendukung hasil survei ini. Namun hampir dari semua survei yang di keluarkan oleh sejumlah lembaga riset di kritik mengenai metode survei yang dilakukan. Namun saya tidak akan membahas mana survei yang benar karena kapasitas saya yang belum mumpuni hehehehe....

Bagi yang belum mengetahui hasil survei dari kedua lembaga tersebut, maka saya lampirkan hasil tersebut sebagai bahan analisa kalau-kalau ada yang mau menganalisanya dan berbagi ilmu.

Hasil Survei LSI
Hasil Survei LRI
Tambahan Hasil Survei LP3ES

Rabu, 11 Maret 2009

Kajian Online Kota Santri [6 maret 2009]

ratu_karitasurya: assalamu'alaykum all
mashudi01 : assalamu alaikum bunda ratu
adik.lestari : siang ini insyaAllah akan mengupas teme "Napak Tilas Perjuangan Rasulullah SAW"
adik.lestari : unutk lebih jelasnya lagi ..marilah kita simak bersama
ratu_karitasurya: Wa'alaykumussalam buat semua...:D
adik.lestari : tausiyah dari bu ratu .... insyaallah bermanfaat bagi kita semua
ratu_karitasurya: Alhamdulillah.. udah mendingan Teh iis..thx
ratu_karitasurya: Bismillahirrohmanirrohiim
ratu_karitasurya: Asyahdu anlaa ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah
susilo19 : Assalamu'alaykum
ratu_karitasurya: Wa qolallahu ta'alaa fil qur'anil kariim
ratu_karitasurya: 'audzubillahi mina syiathonirrojiim Bismillahirrohmanirrahiim
adik.lestari : Joko Susilo: Assalamu'alaykum> wa'alykumsalam waramatullah
ratu_karitasurya: huwalladzii arsala rasulahu bil huda wa dinil haq liyuzhirohu 'ala dinii kullihi walau karihal kafiruun, musyrikuun wa kafaa billahi syahiida
ratu_karitasurya: shoadaqallahul 'adzhiim

ratu_karitasurya: baiklah ikhwah fillah sekalian
ratu_karitasurya: siang ini.. jum'at yg mulia ini
ratu_karitasurya: kembali lagi kita dpt berkumpul
ratu_karitasurya: bersama2 untuk saling berbagi ilmu dan bertukar pikiran dlm diskusi lanjutan kita di kajian Online
ratu_karitasurya: saya bersyukur kehadirat Allah SWT sekaligus berterima kasih pd sahabat2 sekalian yg tetap istiqomah utk mengikuti kajian ini
ratu_karitasurya: dr awal sampai akhir
adinda_poetri : Alhamdulillah
ratu_karitasurya: mudah2an apa yg telah disampaikan dpt memberikan manfaat tdk hanya bagi kami selaku pelaksana tapi jg bwt shbt sekalian pd umumnya
adinda_poetri : Aamiin...

ratu_karitasurya: baiklah saya kemarin siang di sms sm mbak mody kita
adik.lestari : insyaAllah ...amiin
ratu_karitasurya: yg isinya booking tema kajian kt pd siang hr ini yaitu tentang MAULID NABI MUHAMMAD SAW
ratu_karitasurya: mungkin pd moment x ini, sy tdk membahas dr awal kisah kelahiran beliau
ratu_karitasurya: akan ttp lebih menitik beratkan pd Napak tilas perjuangan Rasulullah SAW
ratu_karitasurya: krn spt ayat yg telah di sampaikan di awal pembukaan tadi
adik.lestari : 8->
ratu_karitasurya: bs teman2 lihat dlm QS 9/33 (At-Taubah), 61/9 (As-Shaaf) dan 48/28 (Al-Fath)
ratu_karitasurya: bahwasanya Allah SWT menginformasikan kpd saya, antum dan kita semua
ratu_karitasurya: tidaklah di utus seorang Rasul melainkan utk sbg pembawa misi risalah utk petunjuk agama yg benar agar (Islam) dimenangkan di atas segala Diin.
ratu_karitasurya: ini sebuah informasi yg sangat penting utk kita perhatikan
ratu_karitasurya: krn Allah SWT telah mengulang2 kalimat tsb dlm ketiga surat yg berbeda tadi, dan tentunya hal ini patut mendapat perhatian dr umat Islam sekalian
adik.lestari : yup ..betul

ratu_karitasurya: krn bagaimana Islam akan menang apabila kita sebagai penganutnya tdk berniat sedikitpun memenangkannya di atas
ratu_karitasurya: Diin2 yg lain???
adik.lestari : :(
ratu_karitasurya: betul apa betul?
adik.lestari : :-O
adik.lestari : betuuullll
adik.lestari : gak ada pilihan lain soalnya ... ;))
moeslem_comp : yosh
ratu_karitasurya: nah utk itu mr kita mulai dengan mengkaji shiroh awal perjuangan Rasulullah Muhammad SAW
adik.lestari : yuuuk maariiiee

adinda_poetri : ok, kita mulai...
ratu_karitasurya: *bagi org beriman mah emang ga ada pilihan lain atuh mbak adik selain Sami'na wa Atho'na ;))
ikhwanlampung : yeeee///ada ukhti ratu
ratu_karitasurya: Yeeeee ada Akhi Redha
mary_oq07 : :D
ratu_karitasurya: baiklah teman2
adik.lestari : yyyeeee ada ratu dan akhy redha ... ;))
adik.lestari : lanjut bu narsum
adik.lestari : :D
adinda_poetri : :)) ada iklan yang lewat barusan..:D

ratu_karitasurya: okeh... bentar ni lg nyontek dl :D
adik.lestari : ;))
mary_oq07 : 8->
adinda_poetri : waduh....jangan pake lama ya bu Ratu ;)
adik.lestari : nggak teh iis ..cuma pake sambel ma kecap doank.. ;))
ikhwanlampung : mauuu dong sambel kecapnya :D
adinda_poetri : 8-> dah gak sabar nih...dah laper ;))
ratu_karitasurya: Pd tgl 12 Rabiul Awwal tahun gajah
adik.lestari : back to topic

ratu_karitasurya: (ada yg tahu ga tahun gajah bertepatan dg tahun ke - berapa Masehi??) :D
adik.lestari : #-o
adinda_poetri : hmmm...
adinda_poetri : mikir dulu. :D
ratu_karitasurya: lahirlah seorang anak dr pasangan Abdullah dan siti Aminah di Makkah Al-Mukarromah,
mary_oq07 : ndak tau aquw
adik.lestari : tanya om google dulu yahhh
mary_oq07 : :D
ratu_karitasurya: kelahiran bayi laki2 ini bukanlah kelahiran biasa
adinda_poetri : Tahun Gajah diperkirakan terjadi pada 570 Masehi
adik.lestari : <:-P adinda_poetri : atau 571 Masehi ratu_karitasurya: melainkan tanda2 datangnya seorang Nabi akhir Zaman yg akan membawakan kabar gembira dan peringatan bg seluruh umat manusia sekaligus memperbaiki dan menyempurnakan risalah2 dr rasul2 yg terdahulu ratu_karitasurya: *tq teh iis ratu_karitasurya: Kelahiran Rasulullah SAW merupakan satu peristiwa sejarah yang paling besar dan paling agung yang pernah berlaku di dunia ini. Tiada sejarah yang lebih besar, penting dan agung selainnya, baik sebelum atau sesudahnya. Ia adalah sejarah yang telah merubah watak dan peradaban manusia. Karena itulah, sejarah Rasulullah SAW adalah satu peristiwa yang luar biasa, mengandung rahasia-rahasia dan perkara yang tersirat pada setiap yang ada hubungan dengannya walau satu titik, terlebih lagi satu huruf dan satu perkataan. adinda_poetri : 8->
adik.lestari : 8->
ratu_karitasurya: hal ini telah jauh2 hari di informasikan ALLAH dlm injil
ratu_karitasurya: spt yg termaktub dlm QS 61/6
adik.lestari : Dan (ingatlah) ketika Isa Putra Maryam berkata: "Hai Bani Israel, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)" Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata".

ratu_karitasurya: yg artinya Dan (ingatlah) ketika ISA putra Maryam berkata "Wahai bani israil! sesunggguhnya aku utusan Allah kepadamu, yg membenarkan kitab yg turun sebelumku, yaitu Taurat dn memberi kabar gembira dg Rasul yg akan dtg setelahku, yg namanya Ahmad (muhammad)" Namun ketika Rasul itu dtg kpd mrk dg membawa bukti2 yg nyata mrk berkata, "ini adalah sihir yg nyata"
adik.lestari : :-O
ratu_karitasurya: Muhammad bin Abdullah lahir dengna membawa keberkahan bg orang2 disekelilingnya, tdk hanya bagi keluarganya namun jg bagi kaumnya
ratu_karitasurya: Muhammad bin Abdullah sejak kecil telah ditempa berbagai ujian dan cobaan hidup
adik.lestari : Rindu kami padamu Ya Rosulullah ...
adik.lestari : 8->
ratu_karitasurya: dia tak pernah merasakan kasih sayang dr seorang Ayah, dan tak sempat merasakan belaian ibu secara cukup krn ibunda tercinta pun menyusul keharibaan Illahi tepat setelah muhammad bin Abdullah berusia 6 th

ratu_karitasurya: keahlian berdagang dan kecakapannya dlm memimpin sebuah urusan telah terlihat sejak remaja, apalagi beliau di asuh oleh pamannya yg berprofesi pula sbg pedagang sehingga pd usia 13 th utk pertama kalinya Muhammad bin Abdulllah yg sdh tdk kecil lg itu go public ikut sang paman berdagang ke negeri Syam (Syiria)
adik.lestari : 8->
adinda_poetri : keren ya, 13 tahun udah go public :D
ratu_karitasurya: sesampainya di sana terjadi berbagai keanehan yg terjadi pd diri muhammad sbg mana diceritakan dlm kitab Shiroh Nabawiyah bahwasanya disaat itu ada awan yg senantiasa memayungi Muhammad bin Abdullah
ratu_karitasurya: tatkala melihat hal itu seorang Pendeta Nasrani yg bernama Bukhara pun menghampiri sang paman dan memberitahukan kepadanya utk menjaga kemenakannya itu dan menyuruhnya segera pulang ke dataran hijaz
ratu_karitasurya: lantaran khawatir dengan keselamatan dirinya
ratu_karitasurya: disaat itulah sang pendeta bukhara memberitahukan bhwsanya muhammad akan menjadi seorang yg besar di kemudian hari dan mempunyai banyak pengikut..
ratu_karitasurya: Perjalanan Muhammad pun berlanjut ke tahap berikutnya yakni pd usia 15 th beliau sdh turun dlm pertempuran di perang fijr


ratu_karitasurya: smp pada usia 25 th
ratu_karitasurya: beliau menjd seorang pedagang yg sukses berkat kerjasama dgn seorang pengusaha wanita terkenal pd masa itu yakni siti khadijah
adik.lestari : istri tercinta
ratu_karitasurya: tak lama berselang, Muhammad pun menikahi siti khadijah yg telah lama menjadi rekan bisnisnya itu
ratu_karitasurya: meskipun jarak usia mereka terpaut 15 tahun
ratu_karitasurya: akan tetapi mereka hidup dlm kebahagiaan dan kedamaian,
ratu_karitasurya: sampai puncak kesuksesan beliau adl pd usia 37 tahun dimana Muhammad bin Abdullah mendapat kan Al-Amin Award
mary_oq07 : :x
adik.lestari : ;)
ratu_karitasurya: sebuah gelar bergengsi bagi orang yg sangat jujur spt beliau
susilo19: 8->
ratu_karitasurya: di tahun yg sama beliau jg dipercaya menjadi penengah perselisihan yg terjadi kalangan kaum quraisy krn telah berhasil mendamaikan 12 kabilah yg terlibat persengketaan pemindahan hajarul aswad
ratu_karitasurya: krn kebijaksanaan, ketawadhuan dan kejujuran beliau itulah lantas org2 menjulukinya dg sebutan Al-Amiin
ratu_karitasurya: namun hal itu semua tdk menjadikan Muhammad berbangga diri dan larut dlm pujian dan kenikmatan
ratu_karitasurya: beliau mulai merasakan kehilangan orientasi, merasa hampa dan merasa prihatin dg kaumnya'
ratu_karitasurya: krn pd masa itu beliau hidup di tengah2 kaum jahiliyah yg sangat hedonis
srikandill: :-w
ratu_karitasurya: sehingga 3 th lamanya setiap bln Ramadhan beliau selalu mengasingkan diri ke gua hira (tahanuts) guna mengintrospeksi diri dan mencari jati dirinya yg sebenarnya
ratu_karitasurya: "benarkah selama ini yg sudah saya perjuangkan?" begitulah batinnya bertanya

ratu_karitasurya: akhirnya pertanyaannya selama 3 tahun itu pun terjawab di tahun ke-3
ratu_karitasurya: yakni dengan diutusnya Malaikat Jibril utk mengangkat beliau sbg Nabi dan Rasul akhir zaman dg memberikan SK pengangkatan berupa Surat Al-Alaq ayat 1-5
ratu_karitasurya: ada perintah IQRA'!
ratu_karitasurya: bacalah!
srikandill : 8->
adik.lestari : 8->
ratu_karitasurya: dan ternyata perintah BACA bukan hanya sekedar membaca tulisan, akan tetapi lebh kepada membaca keadaan, dan situasi terkini
adik.lestari : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam.
Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
ratu_karitasurya: akhirya resmilah beliau diangkat menjadi nabi dan rasul terakhir .. cukupkah sampai disitu perjuangan beliau???

ratu_karitasurya: oh tentu tidak...krn masih panjang jalan yg terbentang
ratu_karitasurya: bisa2 klo diteruskan satu minggu jg belum tentu khatam x yaa? :D
adinda_poetri : hihi
adinda_poetri : perlu berapa sks nih bu Ratu :D ?
mary_oq07: ;))
ratu_karitasurya: wah klo mw Sistem kebut semalam sih rasanya ga bakal cukup nih teh
adinda_poetri : hihi, sistem kredit semester maksudnya :))
ratu_karitasurya: kecuali klo mw pd dtg ke rmh sy :D
ikhwanlampung : boleh, mau...mau
adinda_poetri : boleh2, ntar mabit dirumahnya bu Ratu ;;)
ikhwanlampung : eh khusus akhwat ya :(
adinda_poetri : iyah akhwat only mas Redha ;)):D
srikandill : boleh ikut??

ratu_karitasurya: utk itu mungkin disini dalam rangka kilas balik perjuangan Rasulullah
ratu_karitasurya: ada beberapa prinsip sunnah perjuangan yg beliau ajarkan kpd kita
adinda_poetri : 8-> kembali menyimak.
adik.lestari : apa tuh bu narsum ...kasih tau donk
ratu_karitasurya: yakni dengan pola IMAN - HIJRAH - JIHAD spt dlm QS 2/218
ratu_karitasurya: dimana semasa beliau berdakwah di Makkah beliau menanamkan pondasi2 keimanan kpd Ummatnya
ratu_karitasurya: meskipun siksaan dan teror dr kaum kafirin tetap berlanjut
adinda_poetri : 3 IHJ (Iman, Hijrah, Jihad) ^__^
ratu_karitasurya: setelah menanamkan nilai2 ketauhidan maka saatnya mengaplikasikan dlm sikap Hijrah, yakni berpindah. utk masalah hijrah sendiri sdh pernah kita bahas pd diskusi terdahulu
ratu_karitasurya: bhwasanya hijrah tdk hanya bersifat lahirian (perpindahan tempat) namun ia bisa pula bersifat ma'nawi yakni hijrah pola pikir yg tadinya pola pikir jahiliyah menjadi pola pikir yg qur'ani

ratu_karitasurya: dr tempat/ lingkungan yg kurang kondusif kepada lingkungan yg lebih kondusif dsb
adinda_poetri : hmmm...
ratu_karitasurya: kemudian meningkat lg kepada tahapan selanjutnya yakni Aplikasi praktek Jihad di lapangan
ratu_karitasurya: yg Insya Allah hal ini jg pernah kita bahas bersama2
ratu_karitasurya: nah teman2
ratu_karitasurya: disini sy ingin menyimpulkan bahwasanya Rasulullah Muhammad diutus sbg penyampai misi risalah Islam dimana kita wajib meninggikan dan memenangkan Diin ini di atas sgl Diin
adik.lestari: 8->
ratu_karitasurya: sehingga risalah itu tdk berhenti atau terputus meskipun beliau sudah tiada
adik.lestari : sepakat ma bu narsum
ratu_karitasurya: disamping itu perayaan secara spesifik spt merayakan maulid Nabi bknlah sebuah keharusan
ratu_karitasurya: akan tetapi hikmahnya adalah kita harus kembali menelusuri jejak perjuangan beliau dan kemudian melanjutkan estafeta perjuangan yg tersisa sehingga bangunan yg bernama islam itu sempurna dan kokoh berdiri
adinda_poetri : Wa'alaykumussalam warahmatullah
ratu_karitasurya: bukankah dlm diri beliau adl suri tauladan yg baik utk diikuti? :)
adik.lestari : amiiin. insyaAllah ...
adik.lestari : Ratu Karitasurya: bukankah dlm diri beliau adl suri tauladan yg baik utk diikuti? >> betuuulll
adinda_poetri : yup, ada. ;)

ratu_karitasurya: demikianlah kiranya yg bisa sy sampaikan
ratu_karitasurya: kurang dan lebihnya mohon dimaafkan
daffa.kreasi : Ya bu..amien,...
srikandill : :)
ratu_karitasurya: mudah2an msh ada kesempatan lain utk membahas lanjutannya
adinda_poetri : jazakillah khairan katsiran. :)
ratu_karitasurya: ya saya kembalikan lg forum kepada yg berhak...Ukhti Adik..
adik.lestari : insyaAllah bu narsum ...jika ada kesempatan ..akan di bahas kelanjutannya
adik.lestari : Alhamdulillah ... shukran bu ratu udah berbagi ilmu
ratu_karitasurya: iya Bu Mody :D
ratu_karitasurya: waiyyak

adik.lestari : nah buat temen2 yg mau bertanya ...
adik.lestari : ato mau berbagi ilmu juga ....
adik.lestari : di persilahkan ....
adik.lestari : sekarang kita masuki sesi tanya jawab dan sharing ilmu :D
daffa.kreasi : bagaimana caranya meneruskan risalah rosullullah Mbak???
adik.lestari : yati Sofyan: bagaimana caranya meneruskan risalah rosullullah Mbak???>> sepertinya pertanyaan ukhty yati ..masuk dlm topik kita nih
adik.lestari : pras_zhu: kalu masalah kawin sirih tu gmn?>> pertanyaannya kita simpan dulu yahhh
adik.lestari : gimana bu narsum ..utk pertanyaan mb daffa
srikandill : :)
ratu_karitasurya: :D
ratu_karitasurya: okeh
ratu_karitasurya: dr mbak daffa dulu yaa
ratu_karitasurya: pertanyaannya berat2 semua nih
adik.lestari : ;))
adinda_poetri : ;)) hihi, maklum.

ratu_karitasurya: sekarang ada satu tanda tanya besar bg kita semua
ratu_karitasurya: ya!
ratu_karitasurya: lantas bagaimana caranya melanjutkan estafeta perjuangan Rasulullah itu??
ratu_karitasurya: justru hal ini yg akan sy kembalikan lg jwb nya kepada teman2 semua... bagaimana partisipasi kita dlm mengisi perjuangan itu????
ratu_karitasurya: *ngeles nih ceritanya ;))
ratu_karitasurya: Ayo gimana coba??
adik.lestari : hhhmmm ...dengan amar makru nahi munkar
adik.lestari : :D
purna_bntl : ikuti sunnahnya
purna_bntl : :D

ratu_karitasurya: hm...ada lagi?? :D
daffa.kreasi : Dakwah..dengan manyampaikan amanah..dari Allah SWT.
adik.lestari : :-?
adinda_poetri: sesuai dengan 3 pola perjuangan yang dilakukan Rasulullah : Iman, Hijrah, dan Jihad ^__^
daffa.kreasi: ???
srikandill : Hijrah yang dimaksud??
ratu_karitasurya: :)
ratu_karitasurya: saya rasa kita semua punya caranya masing2 utk mengisi perjuangan tsb betul?
mary_oq07: tul
ratu_karitasurya: akan tetapi jika kt merujuk pd Clue yg td sudah diberikan di awal
mary_oq07 : sesuai kemampuan
mary_oq07 : dg melakukan sunnahnya
ratu_karitasurya: yakni dengan memperhatikan QS 9/33 (At-Taubah), kemudian QS 61/9 (As-Shaaf) dan kemudian 48/28 (Al-fath)
ratu_karitasurya: tentulah Allah punya maksud tertentu bkn, mengapa ketiga ayat tsb diulang dan ditempatkan pd ke-3 surat tsb???
ratu_karitasurya: Jika kita pergunakan konsep IQRA'
ratu_karitasurya: maka kita akan dpt memetakan pola perjuangan yg seharusnya kita ikuti
ratu_karitasurya: yakni 1) Dengan Taubat (kembali) pd konsep Allah, pada aturan Allah yg telah di contohkan oleh Rasulullah SAW
ratu_karitasurya: krn Taubat itu bermakna kembali
adik.lestari : 8->

ratu_karitasurya: lantas yg kedua adl dengan bersatu dlm Shaaf (barisan) yg kokoh dan teratur (perhatikan QS 61/4)
ratu_karitasurya: yakni sebuah jama'ah islam yg solid, yg tdk berpecah belah, sebuah jama'ah yg mempunyai konsep utk mengaplikasikan aturan Allah dlm kehidupan sehari2
adinda_poetri : 8->
ratu_karitasurya: dan yg terakhir barulah Allah akan memberikan Kemenangan spt yg dijanjikan-Nya dlm QS Al-Fath (48/28) yakni bila kesolidan diantara umat islam utk bersatu dlm naungan syari'at-Nya telah terlaksana secara sempurna dan paripurna
adik.lestari : 8->
ratu_karitasurya: kira2 spt itulah clue yg Allah berikan kepada kita.. sekarang tgl dikembalika lg kepada kita, MAU??
ratu_karitasurya: *heee iklan banget ya
ratu_karitasurya: gmn mba Daffa??
adinda_poetri : subhanallah...uraian yang jelas banget nih bu Ratu ^__^
daffa.kreasi : Alhamdulillah ...makasih ..atas penjelasannya mbak...
ratu_karitasurya: iya sama2
daffa.kreasi : Amien...
ajat_dr : :-bd

ratu_karitasurya: anything else??
adinda_poetri : ada lagi yang mau bertanya ?
adinda_poetri : mas ajat mau bertanyakah :D ?
adinda_poetri : atau teman2 yang lain, ada yang ingin ditanyakan ?
adinda_poetri : ayoo gak usah malu2 untuk bertanya ;;)
ratu_karitasurya: saya mw pamit dl ya teman2
ratu_karitasurya: assalamu'alaykum

nb: Kajian online ini diadakan tiap jumat ba'da solat jumat. Bagi yang berminat mengikuti kajian online ini bisa meng-add ym saya atau bisa lihat di http://kotasantri.multiply.com/

Kamis, 05 Februari 2009

Oleh-oleh Pornorogo: Sisi Lain Calon Legislatif

Ada hikmah tersendiri ketika mendapat tugas di Ponorogo beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah mengenal lebih dalam kiprah calon legislatif daerah. Mungkin dalam menjaring suara rakyat tidaklah mudah dan di perlukan proses yang sangat lama, ini lah yang dilakukan oleh Misri Effendi salah satu caleg dari Ponorogo yang telah melakukan pendekatan dari jauh-jauh hari.

Alasan ekonomi mungkin bukan menjadi motivasi utamanya untuk duduk di legislatif karena sebelumnya dia seorang pengacara. Merupakan suatu kehormatan dapat mengikuti beliau ketika menemui konstituennya di sebuah desa. Padahal waktu masih menunjukkan pukul 20.00 wib namun untuk ukuran kota kecil seperti ponorogo waktu segitu mungkin sudah terkesan sepi dan sangat malam. Dengan minivannya Pak Misri memasuki desa yang jangan di bayangkan jalannya seperti jalan-jalan di perkotaan di tambah lagi dengan cuaca yang habis hujan...wadoh gak kebayang dah jalannya kaya apa.

Sekitar pukul setengah sembilan malam akhirnya mobil sampai ke salah satu rumah warga di desa tersebut, sangat mengaharukan ketika melihat para warga yang sudah berkumpul sebelumnya mengingat kondisi jalan yang di guyur hujan, becek serta minim penerangan tadi. Mungkin sekitar 50an warga yang sudah berkumpul yang berbekal kain sarung dan juga senter.

Dan yang membuat saya salut adalah ketahanan para warga yang dengan setianya mendengar sosialisasi hingga dua jam lamanya dari pak Misri yang di dampingin oleh pak Bambang yang juga sesama caleg.

Setelah selesai dari sosialisasi tersebut, pak Misri mengajaka saya untuk makan makanan khas Ponorogo yaitu Pecel. Bagi pak Misri yang juga merupakan anggota DPRD Kab. Ponorogo makan di warung pecel pinggir jalan tidaklah membuat dia malu. Dia menjelaskan bahwa sosialisasi ke desa-desa yang dilakukannya tiap dua hari sekali ataupun bahkan tiap hari sekali bila ada warga yang mengundangnya, dan tiap sosialisasi dia selalu di dampingin oleh beberapa caleg dari dapil yang sama, sehingga persaingan yang terjadi antar caleg menjadi fair. Masyarakat bebas memilih mana caleg yang mereka sukai.

Inilah salah satu potret calon legislatif yang dengan suka hati mau turun ke desa-desa tempat konstituennya dan berdialog langsung dengan mereka. Mungkin motivasi ekonomi untuk menjadi calon legislatif tidak pernah terpikirkan olehnya karena sebelum terjun ke politik Pak Misri ini berprofesi sebagai pengacara dan ketika saya menanyakan kenapa masih mencalonkan diri menjadi caleg DPRD Kabupaten bukan DPRD Provinsi Jawa Timur yang lebih tinggi, dengan bijaknya dia menjawab" masyarakat konsitituen masih membutuhkan saya untuk duduk di dprd kabupaten"

Itulah sekelumit perjalanan ketika di Ponorogo, mudah-mudahan apa yang bapak cita-citakan bisa terwujud dan semoga bisa mengimplementasikan apa yang telah di ucapkan kepada masyarakat. Semoga menjadi legislator yang baik dan disukai masyarakat.

Senin, 02 Februari 2009

Gimana Caranya Buat Bisa Terus Posting di Blog

Hampir lebih dari 2 bulan tidak posting di blog, mungkin karena kesibukan ataupun malas menuliskan apa yang mau di tulis. Berbeda dengan teman saya Redha yang selalu meng-update blognya dengan berita-berita yang mulai enak dibaca hingga yang ga terlalu penting untuk di baca (sorry bro).

Selain itu, keseringan ngaskus dan juga liat Facebook semakin menjauhkan diri untuk terus posting di blog. Tadinya siy ingin copas dari artikel yang sudah ada tapi kata penasehat spiritual blog saya, copas itu gak bagus karena tidak akan menaikkan page rank, tapi bukan itu yang menjadi tujuan dari saya nge-blog. Bagaimana bisa berbagi dan bertukar informasi itulah yang penting bagi saya walaupun keinginan untuk menjadi blogger besar seperti enda, ndoro kakung ataupun agnes danovar memang selalu ada siy hehehe.

Gak pernah habis mikir, bagaimana siy cara mereka membuat blog dengan postingan yang selalu update, padahal saya saya untuk membuat postingan aja tidak bisa sehari sekali bahkan bisa sampai dua bulan sekali untuk satu posting.
Buat para blogger yang membaca ini mohon pencerahannya bagaimana membuat artikel di blog yang bagus dan enak dibaca.