Jumat, 29 Agustus 2008

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1429H


Marhaban yaa...Ramadhan....Saya Andri Priwitama Maila, S.IP beserta kabinet Mengucapken: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1429 H. Semoga Amal Ibadah Kita diterima Allah SWT. Amien

Rabu, 27 Agustus 2008

Kiat lain dalam Menjaring Pemilih di Dunia Maya

Fenomena Obamania ternyata tidak hanya menjangkiti calon-calon Presiden Indonesia masa depan dengan menghiasi layar televisi dengan iklan-iklannya yang berbau kampanye dan mempromosikan dirinya melalui blog, facebook, dan situs jejaring lainnya. Tetapi kini fenomena tersebut mulai menjangkiti calon-calon pemimpin di tingkatan propinsi ataupun kotamadya/kabupaten. Caranya pun tidak jauh beda satu dengan yang lainnya mulai dengan iklan-iklan yang menggugah simpati masyarakat di televisi maupun dengan memasang media-media kampanye lainnya.

Cara-cara konvensional seperti memajang spanduk ataupun baleho-baleho saat ini dirasa sudah sedikit dikurangi karena hanya akan membuat pemandangan kota menjadi lautan spanduk yang bukan meraih simpati dari masyakat hanya menambah tingkat golput. Hal tersebut yang menyebabkan para tim-tim sukses merubah haluan strategi kampanye dengan tidak hanya memajang spanduk tetapi mulai dari mengeluarkan album solo hingga berkampanye di dunia maya.

Mengenai kampanye di dunia maya, rata-rata memiliki cara yang sama yaitu membuat blog, memasang banner di website-website yang sudah terkenal ataupun membuat facebook dan media jejaring sosial lainnya. Namun, ada calon gubernur yang dengan jeli memanfaatkan peluang menggunakan dunia maya sebagai kampanyenya dan merupakan sesuatu yang unik sehingga dapat dibilang sebagai pionir yaitu dengan cara menyelenggarakan kompetisi blog. Mungkin bagi sebagian bloggers, kompetisi blog bukan merupakan hal yang asing karena sudah banyak website-website yang mengadakan kompetisi blog. Tetapi kompetisi blog untuk hal yang berbau kampanye ini merupakan sesuatu hal yang baru apalagi kompetisi ini berhadiakan sebuah laptop.

Dari informasi yang didapat dari blog pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Lampung Zul dan Yanto ini, tema kompetisi blog ini adalah “Harapan dan Tantangan dunia pendidikan diprovinsi lampung demi kebaikan kita semua” yang dimulai dari tanggal 25-30 Agustus 2008. Kemunculan kompetisi ini nantinya bertujuan untuk menjaring para bloggers untuk turut berpartisipasi sehingga output yang dihasilkan adalah semakin banyak jumlah bloggers yang mengikuti kompetisi tersebut maka semakin banyak orang yang mengenal calon gubernur tersbut.

Namun kekurangan dari kompetisi blog ini selain sedikitnya waktu yang diberikan dan tidak adanya link banner tetapi juga kurangnya sosialisasi lomba oleh pihak penyelenggara sehingga kompetisi ini terlihat hanya untuk media kampanye sementara saja dan tidak ada kelanjutannya lagi (hmmm...kita liat aja nanti). Kalau boleh saran siy, tiru aja caranya kompetisi yang ada di kapanlagi.com. Bagi yang berminat mengikuti kompetisi ini klik disini

Jumat, 22 Agustus 2008

Serius, Artis Mau Jadi Anggota DPR ? [jilid 2]

Batas penyerahan berkas calon legislatif Pemilu 2009 sudah berakhir. Tercatat sejumlah nama-nama lama dan nama baru menghiasi daftar calon legislatif ini. Yang menjadi sorotan pada Pemilu 2009 ini adalah banyaknya nama artis yang dijadikan calon legislatif oleh sejumlah partai politik dan adanya politik dinasti (orang tua dan anak sama-sama menjadi caleg).

Terlepas dari artis hanya dianggap sebagai vote getters ataupun ketidakmampuan partai politik dalam melaksanakan proses pengkaderan anggotanya, dalam dunia politik hal tersebut sah-sah saja dilakukan. Dari beberapa partai politik yang mencalonkan artis sebagai calon wakil rakyat tercatat Partai Amanat Nasional (PAN) yang paling banyak mencalonkan anggota legislatif dari kalangan artis dan kemudian disusul oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Berikut nama-nama calon legislatif yang berlatabelakang sebagai artis:

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
1. Rieke Diah Pitaloka
2. Edo Kondolongit
3. Sonny Tulung
4. Gugun Gondrong
5. Deddy "Mi'ing

Partai Golkar
1. Nurul Arifin
2. Tantowi Yahya
3. Jeremy Thomas
4. Puput Novel
5. Meutya Hafid

Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
1. Marissa Haque
2. Kristina
3. Evie Tamala
4. Lyra Virna
5. Ferry Irawan
6. Okky Asokawati
7. Ratih Sanggarwati
8. Emilia Contessa
9. Denada
10.Mieke Wijaya
11.Rahman Yacob
12.Soultan Saladin
13.Rhoma Irama
14.Mat Solar
15.Saipul Jamil
16.Julia Perez

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
1. Tengku Firmansyah
2. Didi Kempot

Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
1. Astri Ivo

Partai Demokrat
1. Venna Melinda
2. TERE
3. Inggrid Kamsil
4. Cut Tari
5. Adjie Massaid
6. H.Qomar
7. Ruhut Sitompul
8. Angelina Sondakh

Partai Amanat Nasional (PAN)
1. Wulan Guritno
2. Marini Zumarnis
3. Adrian Maulana
4. Eko Patrio
5. Maylaffayza
6. Derry Drajat
7. Ikang Fawzi
8. Mandra
9. Raslina Rasyidin
10.Tito Sumarsono
11.Henidar Amroe
12.Cahyono
13.Intan Sevilla
14.Wanda Hamidah
15.Mara Karma
16.Eka Sapta
17.Lucky Artadipreja
18.Irene Librawati

Partai Hati Nurani Rakyat (Partai HANURA)
1. Anwar Fuady
2. Gusti Randa
3. Steve Immanuel
4. Tengku Wisnu
5. Dimas Adrian
6. David Chalik

Partai Perhimpunan Indonesia Baru (P PIB)
1. Denny Malik

Partai Gerakan Indonesia Rakyat (P.Gerindra)
1. Rachel Maryam
2. Djaja Mihardja
3. Djamal Mirdad

Partai Damai Sejahtera (PDS)
1. Bella Saphira
2. Tessa Kaunang
3. Ronny Pangemanan

Dari nama-nama diatas mungkin bagi sebagian rakyat Indonesia sudah tidak asing lagi dan mungkin juga sudah dapat menentukkan pilihan siapa wakilnya untuk duduk di kursi legislatif.

Selasa, 19 Agustus 2008

Menghapus URL di Google

Terkadang memiliki blog dan artikel dibaca orang lain sangatlah menyenangkan dan membanggakan, karena selain bisa dikenal dan berbagi informasi tetapi juga dapat melatih meningkatkan kualitas diri dengan menulis. Namun, yang menjadi tidak menyenangkan adalah ketika tulisan kita diprotes oleh orang atau pihak yang mungkin tidak sengaja tercantum dalam blog kita (maklum namanya juga blogger amatir).

Hal tersebut terjadi dengan gw beberapa minggu lalu, sebelumnya saya menulis blog mengenai kantor tempat saya bekerja, namun tanpa disengaja tulisan tersebut telah menyinggung beberapa pihak. Yah sebagai orang yang demokratis maka tanpa pikir panjang langsung saja saya hapus blog tersebut. Namanya juga bukan orang yang ahli dalam permasalahan Teknologi Informasi jadi tanya sana sini dah termasuk nanya di milist, google ama pihak-pihak yang bisa dimintai tolong.

Beberapa dari pihak-pihak yang dimintai tolong tersebut tidak dapat memberikan solusi yang manjur. Tapi akhirnya iseng-iseng mencoba dengan harapan mudah-mudahan artikel tersebut hilang dan masalahpun juga hilang. Bagi yang punya masalah yang sama ini cara yang saya gunakan dalam bentuk Jpeg dan Google versi Indonesia tapi versi Bahasa Inggrisnya sama aja kok mudah-mudahan bermanfaat.

1. Buka Halaman Depan Google, Kemudian Pilih Menu Serba Serbi Google (lihat yang dilingkari)


2. Klik Menu "Tambah/Hapus URL Anda"


3. Klik "Hapus Isi" pada bagian kiri bawah


4. Pilih salah satu perintah yang akan di hapus


5. Agar lebih mudah klik link "sistem penghapus URL otomatis"


6. Klik "New Removal Request" Sebelumnya jangan lupa akun Googlenya.


7. Pilih menu yang dilingkari. Ini adalah menu untuk menghapus text dan juga image

8. Kemudian, klik perintah yang diberi lingkaran merah

9. Masukan url artikel yang akan dihapus, jangan lupa url yang tersimpan di tembolok Google juga di masukkan biar artikelnya benar-benar hilang.

10. Terakhir, tunggu sekitar 3-5 hari apakah url yang mau kita hapus tadi sudah dihapus oleh Google atau belum. Kalau terhapus maka statusnya berubah menjadi "remove"
Selamat mencoba dan lain kali hati-hati kalau mau menulis di blog ataupun media lainnya...

Jumat, 15 Agustus 2008

Komputer versus Flashdisk

Hari baru sehabis libur kemerdekaan seyogyanya diimbangi dengan semangat yang baru juga. Namun semangat baru ini luntur ketika mengetahui ada sesuatu yang terjadi dengan komputer yang biasa digunakan di kantor. Gak biasanya komputer yang gw pegang ngambek (maklum, secara pernah dua tahun nungguin lab. komputer kampus).

Baru kali ini gw liat sesuatu yang aneh dengan niy komputer. Kalo cuma terinfeksi virus mah masih bisa ketauan penyebabnya tapi ini aneh...dan benar-benar aneh... Masa cuma flasdisk gw aja yang gak bisa ke detect di browser tapi flashdisk orang lain ke detect. Padahal dari device manager ama command promptnya siy ke detect tuh flashdisk, tapi kok di explorer malah ga ke detect ya :-? .

Udah coba beberapa cara dengan Mbah Gugel sebagai referensinya tapi belum berhasil juga...apa komputernya yang bermasalah atau memang flashdisk gw-nya yang bermasalah, tetapi begitu coba flashdisk gw di komputer lain bisa ke detect. Apa jangan-jangan terjadi konflik berkepanjangan antara flashdisk dan komputer gw ya? Ah semoga aja dah mereka berantemnya jangan kelamaan, gak kasian apa ama gw hiks...hiks...hiks....

Rabu, 13 Agustus 2008

Akhirnya Buat Facebook juga Gw

Setelah sekian berkutik dengan Friendster, Multiply, Blogger, Youtube, Phobucket, Ziddu ama Wordpress sekarang merambah ke Facebook. Sebenarnya siy hasrat untuk membuat account di Facebook udah lama tercetus tapi karena sudah saking banyaknya jumlah akun-akun yang dibuat menjadikan diri ini malas untuk membuat akun baru lagi.

Tapi atas dorongan serta motivasi-motivasi dari teman-teman sekitar maka terpaksalah dibuat akun di facebook, lagian gratis ini. Jadi buat yang mau pada invite langsung eksekusi aja alamat email gw di andri_pm@yahoo.com....

My Name Not in The List

Sorri kalo judul postingannya gak sesuai dengan EYD (English Yang Disempurnakan). Setelah melalui beberapa tahapan tes yang bisa dibilang tidak mudah, penantian untuk mendapatkan kesempatan hidup yang lebih baik dengan melamar diperusahaan BUMN sirna sudah. Dalam pengumuman yang dikeluarkan oleh BUMN tersebut tidak tercantum nama gw hiks...hiks...hiks...
Tapi tak mengapalah toh sudah merupakan suatu prestasi tersendiri bisa sampai pada tahap wawancara dengan direksi mengingat pada saat tes pertama dulu gw gak terlalu maksa untuk bisa lulus menjadi karyawan, sudah bisa lulus tahap pertama aja dah syukur lagian juga tau sendiri gmana rekrutmen di perusahaan-perusahaan besar apalagi BUMN klo tidak punya kenalan orang yang sudah kerja sebelumnya (koneksi).

Jadi seperti postingan sebelumnya gw dah sangat baersyukur kalo sudah sampai pada tahapan wawancara dengan direksi, kan masih bisa nyoba tahun depan lagi pastinya dengan penuh persiapan gak kaya sekarang yang hanya nothing tulus.....

Rabu, 06 Agustus 2008

Arip Musthopa Pimpin PB HMI 2008–2010

Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) XXVI di Palembang, kemarin, memilih Arip Musthopa sebagai Ketua Umum PB HMI periode 2008–2010.

Kandidat ketua umum asal Bandar Lampung ini terpilih melalui tahapan pemilihan yang berlangsung dua putaran. Arip Musthopa berhasil menyisihkan 15 kandidat lain. Proses pemilihan sempat diwarnai ketegangan antaranggota HMI. Terutama saat membahas tata tertib pemilihan.

Bahkan, di tengah proses pemilihan, 8 kandidat menyatakan mengundurkan diri sehingga hanya tersisa 7 kandidat. Kedelapan kandidat yang menyatakan mundur adalah Minarni, Nimran Abdurahman, Muhammad Arfan, Imam Safi’I, Jailani, Amiruzzahri, Pemiga Orba Yusra, Deding Zamah Syari.

Sementara 7 kandidat lain yang tersisa pada putaran pertama adalah Hasbullah Khatib, Muslim Hafidz, Arip Musthopa, Andi Sukmono, Adi Wibowo, Farhan Suhada, dan Ahmad Nasir Siregar. Arip Musthopa sudah terlihat memimpin perolehan suara saat putaran pertama pemilihan digelar.

Dia berhasil mengumpulkan 35 suara, disusul Adi Wibowo dan Muslim Hafidz yang meraih 28 suara. Posisi ketiga ditempati Ahmad Nasir Siregar dengan 22 suara dan berikutnya berturut-turut Farhan Suhada dengan 21 suara serta Hasbullah Khatib dan Andi Sukmono dengan 13 suara.

Dari hasil itu, tersisa tiga kandidat yang berhak maju dalam pemilihan putaran kedua. Mereka adalah Arip Musthopa, Adi Wibowo, dan Muslim Hafidz. Melalui mekanisme one man one vote, perolehan suara Arip Musthopa pun masih unggul dibandingkan ketiga kandidat lain.

Arip berhasil mengumpulkan 181 suara, diikuti Adi Wibowo 102 suara dan Muslim Hafidz dengan 36 suara. Sementara satu suara abstain. Koordinator Steering Committee (SC) Kongres Baharudin Hafif mengatakan, calon yang terpilih ini merupakan calon yang terbaik dari HMI. Dia meyakini Arip mampu membawa HMI ke arah yang lebih baik.

”Arip Musthopa merupakan kandidat yang sudah sangat berpengalaman dan mempunyai kemampuan serta kualitas kepemimpinan yang sudah tidak diragukan lagi,” tandasnya. Menurut Baharudin, Arip pernah memimpin HMI Cabang Lampung.

Selain itu, Arip juga pernah menjadi Wakil Sekretaris Jenderal PB HMI selama dua periode dan terakhir menjabat sebagai Ketua Pembinaan Anggota PB HMI periode 2006–2008. Sementara itu, Ketua Umum PB HMI terpilih Arip Musthopa menyatakan, ada dua hal yang akan dilakukannya selama memimpin HMI, yakni penguatan internal dan eksternal serta melaksanakan hasil rekomendasi Kongres HMI XXVI di Palembang ini.

Menurut dia, untuk penguatan internal, dirinya akan segera melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di HMI. Salah satu caranya melalui pengaderan dan regenerasi. Selain itu, Arip berjanji akan meningkatkan kemampuan organisasi, terutama masalah finansial, sehingga HMI akan menjadi organisasi yang mandiri.

Sumber: seputar-indonesia.com