Rabu, 27 Agustus 2008

Kiat lain dalam Menjaring Pemilih di Dunia Maya

Fenomena Obamania ternyata tidak hanya menjangkiti calon-calon Presiden Indonesia masa depan dengan menghiasi layar televisi dengan iklan-iklannya yang berbau kampanye dan mempromosikan dirinya melalui blog, facebook, dan situs jejaring lainnya. Tetapi kini fenomena tersebut mulai menjangkiti calon-calon pemimpin di tingkatan propinsi ataupun kotamadya/kabupaten. Caranya pun tidak jauh beda satu dengan yang lainnya mulai dengan iklan-iklan yang menggugah simpati masyarakat di televisi maupun dengan memasang media-media kampanye lainnya.

Cara-cara konvensional seperti memajang spanduk ataupun baleho-baleho saat ini dirasa sudah sedikit dikurangi karena hanya akan membuat pemandangan kota menjadi lautan spanduk yang bukan meraih simpati dari masyakat hanya menambah tingkat golput. Hal tersebut yang menyebabkan para tim-tim sukses merubah haluan strategi kampanye dengan tidak hanya memajang spanduk tetapi mulai dari mengeluarkan album solo hingga berkampanye di dunia maya.

Mengenai kampanye di dunia maya, rata-rata memiliki cara yang sama yaitu membuat blog, memasang banner di website-website yang sudah terkenal ataupun membuat facebook dan media jejaring sosial lainnya. Namun, ada calon gubernur yang dengan jeli memanfaatkan peluang menggunakan dunia maya sebagai kampanyenya dan merupakan sesuatu yang unik sehingga dapat dibilang sebagai pionir yaitu dengan cara menyelenggarakan kompetisi blog. Mungkin bagi sebagian bloggers, kompetisi blog bukan merupakan hal yang asing karena sudah banyak website-website yang mengadakan kompetisi blog. Tetapi kompetisi blog untuk hal yang berbau kampanye ini merupakan sesuatu hal yang baru apalagi kompetisi ini berhadiakan sebuah laptop.

Dari informasi yang didapat dari blog pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Lampung Zul dan Yanto ini, tema kompetisi blog ini adalah “Harapan dan Tantangan dunia pendidikan diprovinsi lampung demi kebaikan kita semua” yang dimulai dari tanggal 25-30 Agustus 2008. Kemunculan kompetisi ini nantinya bertujuan untuk menjaring para bloggers untuk turut berpartisipasi sehingga output yang dihasilkan adalah semakin banyak jumlah bloggers yang mengikuti kompetisi tersebut maka semakin banyak orang yang mengenal calon gubernur tersbut.

Namun kekurangan dari kompetisi blog ini selain sedikitnya waktu yang diberikan dan tidak adanya link banner tetapi juga kurangnya sosialisasi lomba oleh pihak penyelenggara sehingga kompetisi ini terlihat hanya untuk media kampanye sementara saja dan tidak ada kelanjutannya lagi (hmmm...kita liat aja nanti). Kalau boleh saran siy, tiru aja caranya kompetisi yang ada di kapanlagi.com. Bagi yang berminat mengikuti kompetisi ini klik disini

1 komentar:

  1. iya nih saya ikutan, klo ada dana mau bikin model kapanlagi.com

    BalasHapus

Buat yang mau komentar isi aja jangan malu-malu