Selasa, 19 Agustus 2008

Menghapus URL di Google

Terkadang memiliki blog dan artikel dibaca orang lain sangatlah menyenangkan dan membanggakan, karena selain bisa dikenal dan berbagi informasi tetapi juga dapat melatih meningkatkan kualitas diri dengan menulis. Namun, yang menjadi tidak menyenangkan adalah ketika tulisan kita diprotes oleh orang atau pihak yang mungkin tidak sengaja tercantum dalam blog kita (maklum namanya juga blogger amatir).

Hal tersebut terjadi dengan gw beberapa minggu lalu, sebelumnya saya menulis blog mengenai kantor tempat saya bekerja, namun tanpa disengaja tulisan tersebut telah menyinggung beberapa pihak. Yah sebagai orang yang demokratis maka tanpa pikir panjang langsung saja saya hapus blog tersebut. Namanya juga bukan orang yang ahli dalam permasalahan Teknologi Informasi jadi tanya sana sini dah termasuk nanya di milist, google ama pihak-pihak yang bisa dimintai tolong.

Beberapa dari pihak-pihak yang dimintai tolong tersebut tidak dapat memberikan solusi yang manjur. Tapi akhirnya iseng-iseng mencoba dengan harapan mudah-mudahan artikel tersebut hilang dan masalahpun juga hilang. Bagi yang punya masalah yang sama ini cara yang saya gunakan dalam bentuk Jpeg dan Google versi Indonesia tapi versi Bahasa Inggrisnya sama aja kok mudah-mudahan bermanfaat.

1. Buka Halaman Depan Google, Kemudian Pilih Menu Serba Serbi Google (lihat yang dilingkari)


2. Klik Menu "Tambah/Hapus URL Anda"


3. Klik "Hapus Isi" pada bagian kiri bawah


4. Pilih salah satu perintah yang akan di hapus


5. Agar lebih mudah klik link "sistem penghapus URL otomatis"


6. Klik "New Removal Request" Sebelumnya jangan lupa akun Googlenya.


7. Pilih menu yang dilingkari. Ini adalah menu untuk menghapus text dan juga image

8. Kemudian, klik perintah yang diberi lingkaran merah

9. Masukan url artikel yang akan dihapus, jangan lupa url yang tersimpan di tembolok Google juga di masukkan biar artikelnya benar-benar hilang.

10. Terakhir, tunggu sekitar 3-5 hari apakah url yang mau kita hapus tadi sudah dihapus oleh Google atau belum. Kalau terhapus maka statusnya berubah menjadi "remove"
Selamat mencoba dan lain kali hati-hati kalau mau menulis di blog ataupun media lainnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat yang mau komentar isi aja jangan malu-malu